PERSYARATAN UNTUK PENGAJUAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN PEMERINTAH KOTA CIMAHI

KTP Elektronik

Persyaratan

1.   Penerbitan KTP-El Baru bagi               Penduduk WNI

 

 

 

 

 

 

a.     Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin

b.     Surat Pengantar  RT/RW dan lurah dimana penduduk berdomisili;

c.     Mengisi formulir yang telah disediakan;

d.     Fotocopi :

1.     Kartu Keluarga;

2.     Kutipan  Akta Nikah/Kutipan Akta Perkawinan bagi yang belum berumur 17 Tahun tapi sudah menikah;

3.     Kutipan Akta Kelahiran;

e.     Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Disdukcapil Kota Cimahi  bagi WNI yang datang dari Luar Negeri Karena pindah

 

2.   Penerbitan KTP-El Baru bagi               Penduduk Orang Asing (OA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap

 

 

 

 

 

 

a.     Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin

b.     Surat Pengantar  RT/RW dan lurah dimana penduduk berdomisili;

c.     Mengisi formulir yang telah disediakan;

d.     Fotocopi :

1.     Kartu Keluarga;

2.     Kutipan  Akta Nikah/Kutipan Akta Perkawinan bagi yang belum berumur 17 Tahun ;

3.     Kutipan Akta Kelahiran;

4.     Paspor dan Izin Tinggal Tetap

e.     Surat Keterangan Catatan Kepolisian

3.   Penerbitan KTP-El Perpanjangan bagi  Penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

a.      Mengisi Formulir yang telah disediakan;

b.      Fotocopi KK;

c.       KTP-El  lama ditarik;

d.      Fotocopi Paspor dan Izin Tinggal Tetap dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

e.       Ketentuan pasphoto:

1.     Penduduk yang lahir tahun ganjil, latar belakang pasphoto bewarna merah;

2.     Penduduk yang lahir tahun genap, latar belakang pasphoto bewarna biru;

3.     Pasphoto berukuran 2X3 CM, 70% tampak wajah dan dapat menggunakan jilbab

 

4.   Penerbitan KTP-El  karena  hilang      atau rusak bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

a.     Mengisi Formulir yang telah disediakan;

b.     Surat Keterangan  kehilangan dari kepolisian atau KTP-El  yang Rusak;

c.     Fotocopi KK;

d.     Fotocopi Paspor dan Izin Tinggal Tetap

 

5.   Penerbitan KTP-El  karena  Pindah    datang bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

a.      Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang dan

b.      SuratKeterangan Datang dari Luar Negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah

6.   Penerbitan KTP-El  karena  adanya     perubahan elemen data bagi Penduduk WNI atau Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap

a.     Fotokopi kk;

b.     KTP-El  Lama;

c.     Surat Keterangan/bukti perubahan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting

Kartu Keluarga

Persyaratan

1.   KK Baru bagi penduduk yang sudah     tercatat sebagai penduduk Kota Cimahi karena adanya perubahan susunan dalam KK, baik adanya penambahan karena kelahiran dan/atau ada yang numpang kartu keluarga, maupun adanya pengurangan karena ada anggota keluarga yang meninggal, pindah atau membentuk keluarga sendiri.

 

a.   Surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW dimana penduduk berdomisili;

b.  Mengisi formulir permohonan KK;

c.   Asli KK lama;

d.  Fotocopi Akta kelahiran anak apabila ada penambahan karena kelahiran;

e.   Surat Keterangan Pindah dari daerah asal yang ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana daerah asal bagi penduduk yang datang ke Kota Cimahi atau Surat Keterangan Pindah yang ditandatangani oleh Camat daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kecamatan dalam Kota Cimahi atau surat Keterangan Pindah yang ditandatangani Lurah daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kelurahan dalam satu kecamatan di Kota Cimahi atau surat keterangan pindah yang ditandatangani oleh ketua RW daerah asal bagi penduduk yang pindah antar RW dalam satu kelurahan atau surat pindah yang ditandatangani Ketua RT daerah asal bagi penduduk yang pindah - antar RT dalam satu wilayah RW, apabila ada penambahan karena ada yang numpang KK dari daerah lain;

f.    Surat keterangan datang dari luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi pelaksana bagi warga Negara Indonesia yang datang dari luar Negeri karena pindah yang akan numpang KK;

g.   Fotocopi Izin tinggal tetap, paspor dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian apabila ada Orang Asing (OA) yang akan numpang KK;

h.  Fotocopi surat keterangan kematian apabila ada pengurangan karena kematian;

i.    Fotocopi surat Keterangan Pindah apabila ada pengurangan karena ada anggota keluarga yang pindah ke daerah lain.

2.   KK Baru bagi Penduduk yang sudah     tercatat sebagai penduduk Kota Cimahi yang sebelumnya merupakan anggota keluarga seseorang dan kemudian membentuk keluarga baru.

a.     Surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW dimana penduduk berdomisili;

b.     Mengisi formulir permohonan KK;

c.     KK lama;

d.     Fotocopi KTP-El;

e.     Fotocopi kutipan Akta nikah/kutipan Akta perkawinan apabila telah menikah;

f.      Fotocopi Akta Kelahiran anak apabila telah memiliki anak;

g.     Surat Keterangan Pindah dari daerah asal yang ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana daerah asal bagi penduduk yang datang ke Kota Cimahi atau Surat Keterangan Pindah yang ditandatangani oleh Camat daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kecamatan dalam Kota Cimahi atau surat Keterangan Pindah yang ditandatangani Lurah daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kelurahan dalam satu kecamatan di Kota Cimahi atau surat keterangan pindah yang ditandatangani oleh ketua RW daerah asal bagi penduduk yang pindah antar RW dalam satu kelurahan atau surat pindah yang ditandatangani Ketua RT daerah asal bagi penduduk yang pindah antar RT dalam satu RW, apabila ada anggota keluarga yang berasal dari daerah lain;

h.    Fotocopi Izin tinggal tetap, paspor dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian apabila ada Orang Asing yang akan numpang KK;

i.      Surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan oleh Instansi pelaksana bagi Warga Negara Indonesia yang datang dari luar negeri karena pindah yang akan numpang KK.

3.   KK bagi penduduk yang sudah tercatat sebagai penduduk Kota Cimahi yang melakukan pindah datang dalam wilayah Kota Cimahi.

a.      Surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW dimana penduduk berdomisili;

b.      Mengisi formulir permohonan KK;

c.       Menyerahkan KK daerah asal apabila belum ditarik oleh Camat, Lurah, Ketua RW atau Ketua RT daerah asal;

d.      Surat Keterangan Pindah dari daerah asal yang ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana daerah asal bagi penduduk yang datang ke Kota Cimahi atau Surat Keterangan Pindah yang ditandatangani - oleh Camat daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kecamatan dalam Kota Cimahi atau surat Keterangan Pindah yang ditandatangani Lurah daerah asal bagi penduduk yang pindah antar kelurahan dalam satu kecamatan di Kota Cimahi atau surat keterangan pindah yang ditandatangani oleh ketua RW daerah asal bagi penduduk yang pindah antar RW dalam satu kelurahan atau surat pindah yang ditandatangani Ketua RT daerah asal bagi penduduk yang pindah antar RT dalam satu RW, apabila ada anggota keluarga yang berasal dari daerah lain;

e.       Fotocopi Izin tinggal tetap, paspor dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi orang asing.

4.   KK bagi penduduk yang sudah tercatat sebagai penduduk Kota Cimahi yang KK-nya hilang atau rusak

a.      Surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW dimana penduduk berdomisili;

b.      Mengisi formulir permohonan KK;

c.       Menyerahkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian untuk penduduk yang KK-nya hilang;

d.      Menyerahkan KK lama yang rusak untuk penduduk yang KK-nya rusak;

e.       Fotocopi Izin tinggal tetap, paspor dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian bagi orang asing.

5.   KK bagi penduduk pindahan dari luar Kota Cimahi

a.     Surat pengantar dari Ketua RT dan Ketua RW dimana penduduk berdomisili;

b.     Surat keterangan pindah dari daerah asal yang ditandatangani oleh Kepala Instansi pelaksana daerah asal;

c.     Menyerahkan KK dan atau KTP-El  daerah asal apabila belum ditarik oleh Instansi pelaksana daerah asal;

d.     Mengisi formulir permohonan KK;

e.     Surat keterangan datang dari luar negeri  yang diterbitkan oleh instansi pelaksana bagi warga Negara Indonesia yang datang dari luar negeri karena pindah;

f.      Menyerahkan surat keterangan memiliki tempat tinggal yang tetap atau Rumah di Kota Cimahi, yang ditandatangani oleh pemohon, Ketua RT dan Ketua RW;

g.     Menyerahkan Surat Keterangan bekerja dari instansi/tempat bekerja atau surat keterangan usaha atau surat keterangan bekerja sektor informal yang ditandatangani oleh Ketua RT dan Ketua RW;

h.    Menyerahkan surat keterangan Jaminan tempat tinggal dan pekerjaan dari Kepala Keluarga penduduk Kota Cimahi bagi penduduk pendatang yang numpang KK.

Surat Keterangan Pindah Datang

Persyaratan

1.   Pendaftaran Pindah Datang Penduduk WNI dalam Wilayah NKRI

a.     Persyaratan untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah :

1.     Surat Pengantar RT/RW

2.     KK dan;

3.     KTP-El.

b.     Klasifikasi perpindahan penduduk:

1.     Dalam satu kelurahan;

2.     Antar kelurahan dalam satu kecamatan;

3.     Antar Kecamatan dalam satu kota;

4.     Antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi, atau

5.     Antar Provinsi.

c.     Surat Keterangan Pindah berlaku selama 30(tiga puluh) hari Kerja

d.     Pada saat diserahkan Surat Keterang Pindah kepada penduduk, KTP-El  yang bersangkutan dicabut dan dimusnakan oleh instansi yang menerbitkan Surat Keterangan Pindah

e.     Surat Kterangan Pindah berlaku sebagai pengganti KTP selama KTP-El  baru belum diterbitkan

f.      Surat Keterangan Pindah digunakan sebagai dasar untuk :

1.     Proses perubahan KK bagi Kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah;

2.     Proses Penerbitan KK dan KTP-El  dengan alamat baru;

3.     Perekaman kedalam database kependudukan

2.     Pendaftaran Penduduk yang Bertransmigrasi

a.      Persyaratan Pelaporan Pendaftaran Penduduk yang akan bertransmigrasi:

1.   Surat Pengantar RT/RW;

2.   KK;

3.   KTP-El;

4.   Kartu Seleksi Calon Transmigrasi;

5.   Surat Pemberitahuan Keberangkatan.

b.     Klasifikasi perpindahan penduduk:

1.     Antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi, atau

2.     Antar Provinsi.

c.     Pelaporan Penduduk yang akan bertransmigrasi dapat dibantu oleh instansi yang menangani urusan transmigrasi.

3.     Pelaporan Pendaftaran Pindah Datang Orang Asing dalam wilayah NKRI

a.     Memperhatikan Klasifikasi perpindahan penduduk Orang Asing pemegang KITAS dan KITAP:

1.     Dalam Kota Cimahi

2.     Antar Kabupaten /Kota dalam satu Provinsi.

3.     Antar Provinsi

b.     Persyaratan Pendaftaran Pindah Datang OA Pemegang KITAP

1.     KK;

2.     KTP-El  orang asing;

3.     Fc Paspor dengan menunjukkan aslinya

4.     Fc Kartu Izin Tinggal Tetap;

5.     Menunjukkan Buku Pengawasan Orang Asing;

6.     Surat Keterangan Catatan Kepolisian

c.     Persyaratan Pendaftaran Pindah Datang OA Pemegang KITAS

1.     Surat Keterangan Tempat Tinggal

2.     Fc Paspor;

3.     Fc Kartu Izin Tinggal Terbatas;

4.     Surat Keterangan catatan Kepolisian

d.     Surat Keterangan Pindah Datang digunakan sebagai dasar :

1.     Proses perubahan KK bagi Kepala/anggota keluarga dalam KK yang tidak pindah;

2.     Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal  dengan alamat baru bagi Orang asing pemegang KITAS;

3.     Penerbitan KK dan KTP  dengan alamat baru bagi Orang asing pemegang KITAP.

e.     Disdukcapil Menyampaikan data Pindah Datang  orang asing kepada camat dan lurah

4.   Perpindahan penduduk antar negara

Klasifikasi perpindahan dan persyaratan:

1.     Penduduk WNI pindah ke luar negeri untuk menetap dalam jangka waktu 1(satu) tahun atau lebih berturut-turut, dengan persyaratan:

·       Surat Pengantar pindah dari RT dan RW

·       KK dan KTP-El

2.     WNI datang dari luar negeri karena pindah dan menetap di Indonesia, dengan persyaratan:

·       Paspor atau Dokumen Pengganti paspor

3.     Orang asing datang dari luar negeri dengan izin tinggal terbatas dengan persyaratan:

·       Paspor dan

·       Izin Tinggal Terbatas

4.     Orang asing yang memiliki izin tinggal terbatas atau izin tinggal tetap yang akan pindah ke luar negeri dengan persyaratan:

·       KK dan KTP-El  bagi Orang Asing yang memiliki izin tinggal tetap dan

·       Surat Keterangan Tempat Tinggal bagi Orang Asing yang memiliki izin tinggal terbatas

5.   Pendataan penduduk Rentan Administrasi kependudukan

a.     Klasifikasi penduduk Rentan Administrasi kependudukan

1.     Pendataan penduduk korban bencana alam dan korban bencana sosial

2.     Pendataan orang terlantar

b.     Pemerintah Kota Cimahi membentuk Tim Pendataan Penduduk: Korban Bencana; Orang Terlantar dengan susunan tim sebagai berikut:

1.     Susunan Tim Pendataan Korban Bencana alam

Ketua : Sekretaris Daerah

Sekretaris : Kepala Disdukcapil

Anggota : BPS, Kesbang, BPBD, Badan Pemberdayaan, Dinsos, Dinas Kesehatan, Disdik,Camat dan instansi terkait

 

2.     Susunan Tim Pendataan orang terlantar

Ketua : Kepala Disdukcapil

Wakil Ketua : Kepala Dinas Nakertranso

Sekretaris : Kepala Bidang Kependudukan

Anggota : BPS, Kesbang, BPBD, Badan Pemberdayaan, Dinsos, Dinas Kesehatan, Disdik,Camat dan instansi terkait

Akta Kelahiran

Persyaratan

    Kutipan akte Kelahiran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.  Mengisi formulir yang telah disediakan dengan huruf KAPITAL

b. Surat keterangan kelahiran dari penolong kelahiran (Rumah Sakit/Puskesmas/          Klinik/Rumah bersalin/Dokter/ Bidan Asli

c.   Fotocopy surat nikah/ akta perkawinan orang tua;

d.   Fotocopy KTP-EL dan KK orang tua anak bersangkutan;

e.   Dua orang saksi yang memenuhi Persyaratan dan melampirkan foto copy KTP-El nya.

f.    Surat bukti kewarganegaraan RI (SKBRI) dan ganti nama (kalau ganti nama);

g.   Pasport, dokumen Imigrasi dan STMD dari Kepolisian (bagi WNA);

h.  Apabila tidak memiliki buku nikah orangtua, harus memenuhi persyaratan surat          pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran sebagai pasangan suami istri;

i.    Apabila tidak memiliki surat lahir dari rumah sakit/bidan/penolong kelahiran harus        memenuhi persyaratan surat pernyataan  tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran data kelahiran;

j. Apabila ada perbedaan nama yang tertera dalam dokumen diatas harap melampirkan data pendukung berupa dokumen fotocopy akta kelahiran, izasah dan sk pegawai;

k. Map merah (perempuan) dan map biru (laki-laki);

 

Akta Kematian

Persyaratan

Pelayanan Surat Keterangan Kematian

 

 

a.   KTP-EL Asli (ALM);

b.   FC KTP-EL Pelapor dan 2 Orang Saksi

c.   Surat Keterangan Kematian dari kelurahan dan rumah sakit (Asli)

d.   FC Kartu Keluarga (ALM)

e. FC Surat Nikah (ALM)

f. FC Akta Kelahiran dan SK Pensiun (ALM)

g. FC Akta Kelahiran Anak (ALM)

h. Surat Kuasa dan Cap RT/RW (Bila dikuasakan kepada RT/RW)

i.Map Kuning

Akta perkawinan

Persyaratan

Pelayanan  Kutipan akte Perkawinan

 

 

a.    Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama/pendeta atau surat perkawinan penghayat kepercayaan yang ditandatangani oleh pemuka penghayat kepercayaan (Surat bukti perkawinan agama);

b.   Foto copy KTP-El dan  KK;

c.    Pas photo berdampingan ukuran 4x6 m;

d.   Foto Copy KTP-El 2 (dua) orang saksi yang telah berusia 21 tahun keatas);

e.    Foto copy Kutipan akte kelahiran suami dan isteri;

f.    Pasport bagi suami atau isteri orang asing;

g.    Izin dari Komandan bagi anggota TNI/Polri.

Akta Perceraian

Persyaratan

Pencatatan perceraian di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan:

a.       Salinan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;

b.       kutipan akta perkawinan;

c.        KK dan

d.       KTP-el.

 

Akta Pengakuan Anak

Persyaratan

a)     Surat pernyataan pengakuan anak dari ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandung atau penetapan pengadilan mengenai pengakuan anak jika ibu kandung Orang Asing;

b)    Surat  keterangan  telah  terjadinya  perkawinan   dari pemuka agama atau  penghayat  kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa;

c)     Kutipan akta kelahiran anak;

d)    KK ayah atau ibu;

e)     KTP—el; atau

f)      Dokumen Perjalanan bagi ibu kandung Orang Asing.

 

Akta Pengesahan Anak

Persyaratan

(1)    Pencatatan pengesahan anak bagi Penduduk  WNI  di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan:

a.        kutipan akta kelahiran;

b.       kutipan  akta  perkawinan  yang   menerangkan terjadinya peristiwa perkawinan  agama  atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terjadi sebelum kelahiran anak;

c.        KK orang tua; dan

d.       KTP-el.

(2)     Pencatatan pengesahan anak bagi  Penduduk  Orang  Asing di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus memenuhi persyaratan:

a.        kutipan akta kelahiran;

b.       kutipan  akta  perkawinan  yang   menerangkan terjadinya peristiwa perkawinan agama  atau  kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa terjadi sebelum kelahiran anak;

c.        KK orang tua; dan

d.       Dokumen Perjalanan bagi ayah atau ibu Orang Asing.

Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT)

Persyaratan

  1. Mengisi dan menandatangani formulir permohonon orang asing tinggal terbatas, permohonan pembuatan ataupun perpanjang SKTT
  2. Surat Kuatas (Materai + FC KTP-EL)
  3. FC Pasport (Diperlihatkan yang asli)
  4. FC Visa
  5. FC Izin tinggal terbatas (Diperlihatkan aslinya)
  6. Surat tanda melapor dari polres cimahi (STM)
  7. Pas foto ukuran 3x4 sebanyak 2 buah
  8. FC IMTA (izin memperkerjakan tenaga asing) yang masih berlaku
  9. Surat Keterangan Tinggal dari Sponsor  

          Sponsor karena pekerjaan (mess/apartemen/hotel)

          Surat mengetahui RT/RW

          Sponsor karena perkawinan/keluarga

          Surat mengetahui RT/RW

          FC Buku Nikah (Diperlihatkan yang aslinya)

          FC Kartu Keluarga (Diperlihatkan yang aslinya)

Surat Keterangan Kelahiran

Persyaratan

  1. FC Akte
  2. FC KK
  3. FC KTP-EL

Surat Keterangan Lahir Mati

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Lahir Mati

Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan

Surat Keterangan Pembatalan Perceraian

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Pembatalan Perceraian

Surat Keterangan Kematian

Persyaratan

FC Akta Kematian

Surat Keterangan Pengangkatan Anak

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Pengangkatan Anak

Surat Keterangan Pelepasan WNI

Persyaratan

Persyaratan  Surat Keterangan Pelepasan WNI

Surat Keterangan Ganti Identitas

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Ganti Identitas

Surat Keterangan Pencatatan Sipil

Persyaratan

Persyaratan Surat Keterangan Pencatatan Sipil

PERATURAN KEPENDUDUKAN
INFORMASI KAMI
Jam pelayanan di Kantor Disdukcapil kota Cimahi yaitu pada pukul 08.00 - 15.00 WIB,
dengan istirahat pukul 12.00-13.00 WIB. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Alamat Kantor :
Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi
Jl. Rd Demang Hardjakusumah, cimahi
Gedung C Lantai 1
Telp: 022-6631885
Email: disdukcapil@cimahikota.go.id
DOWNLOAD FORMULIR
© 2018 Disdukcapil Kota Cimahi
;