VISI DAN MISI 

 

Berdasarkan visi dan misi Kota Cimahi yang telah ditetapkan/mendukung visi dan misi Kepala Daerah dan adanya pertimbangan faktor-faktor pendukung dan penghambat organisasi serta beberapa kebijakan pemerintah tingkat atas maka visi yang dibangun oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cimahi yaitu:

 

VISI                 :

Terwujudnya Tertib Administrasi Kependudukan melalui Sistem Jaringan dan data penduduk yang handal berbasis Informasi Teknologi”.

 

Dalam mewujudkan visi maka disusunlah misi sebagai berikut;

 

MISI                 :

1.   Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan dan data Administrasi Kependudukan.

Jaringan data ditambah kapasitas dan jumlahnya sehingga memiliki daya koneksi yang kuat dan tersebar baik di tingkat kelurahan, kecamatan, dinas maupun ke Depdagri. Perubahan/peningkatan Versi jaringan ke sistem yang lebih baik, Koneksitas internal dari bidang Pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk melaui penyediaan ruang server data yang refresentatif. Mempercepat pengelolaan soft copy berbagai dokumen administrasi kependudukan sehingga memudahkan dalam pencarian arsip maupun pengendalian dokumen serta  meminimalisir berbagai pemalsuan dokumen.

 

2.   Meningkatkan kualitas di bidang Informasi Data dan Kependudukan.

Data yang memiliki validitasi yang baik tidak terlepas dari pendataan yang serius dan kontinyu melalui suatu kegiatan tetapi juga diperlukan kedisiplinan terutama dari penyelenggara administrasi kependudukan juga masyarakat terhadap peristiwa-peristiwa kependudukan. Kualitas data kependudukan yang memadai sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah daerah dalam rangka pelayanan yang baik dan berkesinambungan terutama dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Legislatif, Walikota, Gubernur dan Presiden).

 

3.   Meningkatkan pelayanan dibidang Kependudukan.

Pelayanan Kependudukan tidak hanya terkonsentrasi di dinas tapi lebih disederhanakan melalui suatu bentuk desentralisasi pelayanan yaitu yang bebasis di kelurahan seperti penerbitan Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kematian. Begitupun pelayanan KTP yang terus dimaksimalkan dengan sasaran masyarakat di perumahan dan lokasi tertentu guna mencapai sasaran SPM melalui operasionalisasi mobil keliling. Tidak hanya bagi masyarakat umum, bagi pelajar usia sekolah akan dilakukan penerbitan Kartu Identitas anak (KIA) fungsinya tidak hanya sebagai kartu pelajar juga dapat dimanfaatkan dalam penerbitan KTP yang bersangkutan dan sebagai data pemilih pemula.

 

4.   Meningkatkan pelayanan di bidang Pencatatan Sipil.

Seperti halnya pelaksanaan pembuatan KK, pelaksanaan pencatatan sipil juga tetap melakukan pola jemput bola baik yang bertempat di kelurahan maupun di beberapa titik keramaian/terintegrasi dengan mobil keliling. Akan di lakukan pula pendaftaran akte kelahiran melalui website sehingga lebih efektif dan mudah tidak hanya dapat diakses secara luas namun juga terus diefektifkan melalui kerjasama operasional/MOU melalui Rumah Sakit.  Begitupun fasilitasi terhadap Rumah Tangga Sasaran (RTS) akan terus menjadi fokus, lebih khusus ditujukan pada anak usia sekolah yang belum memiliki akte kelahiran.

 

5.   Pengendalian Migrasi dan Urbanisasi Penduduk.

Pengendalian penduduk pendatang baik yang bermaksud untuk tinggal menetap sebagai penduduk Kota Cimahi maupun tidak bermaksud tinggal menetap benar-benar dikendalikan melalui suatu pengetatan dokumen yang bersifat administratif dengan tetap menghargai Hak Azazi Manusia (HAM).  Pelaksanaan operasi Simpatik maupun operasi Biasa, pelaksanaan sosialisasi terus menjadi fokus utama yang ditujukan bagi penduduk pendatang. Mereka diharuskan untuk membuat dokumen Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem).

 

6.   Penguatan Kesekretariatan dalam mendukung administrasi kependudukan.

Penyediaan Sumber daya yang berkualifikasi Tekhnologi Informasi yang berasal dari Tenaga Harian Lepas (THL) menjadi penting mengingat keterbatasan sumber daya manusia yang ada. Diarahkan guna menjamin berjalannya system administrasi kependudukan yang efektif dan effisien. Begitupun peran sekretariat sebagai penyedia dari dokumen-dokumen dalam rangka pelayanan catatan sipil maupun Kependudukan sangatlah strategis karena itu akan terus ditingkatkan management logistik yang berbasis Tekhnology Informasi sehingga meminimalisir hambatan dalam pelayanan dan memudahkan pengendalian. Dalam hal pelayanan administrasi kependudukan, dialokasikannya pengadaan mobil keliling dalam rangka pelayanan rutin KTP dan Akta kelahiran (optimalisasi pencapaian SPM) serta pemeliharaan sarana dan prasarana kerja di kelurahan dan dinas akan terus mendapat perhatian sehingga mempercepat proses kerja pelayanan.

 

7.   Peningkatan Koordinasi kelembagaan.

Koordinasi kelembagaan dari berbagai tingkatan pemerintahan dari berbagai sektor sebagai suatu yang harus dilakukan karena mekanisme dan prosedur yang mengharuskan adanya tahapan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan tersebut. Koordinasi dimaksud berupa hierarki dari RT-RW-Kelurahan-Kecamatan dan Dinas serta Instansi vertikal lainnya.Terhadap koordinasi dengan sektor/kelembagaan lain seperti Dinas Kesehatan yang menyajikan angka kelahiran bayi di Kota cimahi, Rumah Sakit sebagai tempat terjadinya peristiwa kelahiran, Kantor Departemen Agama yang melaksanakan pencatatan perkawinan, dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkepentingan dalam pencatatan status perkawinan, status kependudukan, Pemecahan KK, perubahan status di KTP dan lain sebagainya.

 

PERATURAN KEPENDUDUKAN
INFORMASI KAMI
Jam pelayanan di Kantor Disdukcapil kota Cimahi yaitu pada pukul 08.00 - 15.00 WIB,
dengan istirahat pukul 12.00-13.00 WIB. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Alamat Kantor :
Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi
Jl. Rd Demang Hardjakusumah, cimahi
Gedung C Lantai 1
Telp: 022-6631885
Email: disdukcapil@cimahikota.go.id
DOWNLOAD FORMULIR
© 2018 Disdukcapil Kota Cimahi
;